Radio Pertanian Wonocolo

Hanya Kami yang Memadukan Teknologi dan Budaya

Ubi Jalar Sebagai Pangan Alternatif Sumber Karbohidrat Oleh Ir Darminto Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim

  1. Pendahuluan

Ubi Jalar (Ipomoea batatas) disebut juga ketela rambat merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang telah lama dikenal dan juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, namun jarang masuk dalam daftar menu keluarga. Biasanya hanya diolah sebagai makaanan selingan, sekedar dikukus atau digoreng dan ada pula dibuat kerpik atau getuk.

Padahal di sejumnlah negara barat, ubi jalar justru menjadi primadona. Dalam perayaan hari besar seperti Natal dan Thanksgiving Day,warga Amerika lazim membuat sajian eksklusif dari ubi jalar seperti cake, cake kering, es krim, puding dll. Ubi Jalar yang sekeluarga dengaan kentang ini, juga banyak dimanfaaatkan oleh masyarakat Jepang, diolah menjadi berbagai makaanan yang menarik seperti permen, es krim dan mie.

Cara pengolahan yang kurang variatif, disertai dengan stigma murahan membuat ubi jalar jarang dikonsumsi masyarakat IndonesiaPadahal Ubi Jalar dapat diolah menjadi aneka macam jenis panganan yang lebih sempurna, yang memiliki cita rasa yang enak dan menarik, sehingga sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam .

Bentuk-bentuk produk yang dikemnbangkan dari pengolahan ubi jalar adalah sbb. :

§ Produk ubi jalar segar, misalnya ubi rebus, ubi goreng, ubi bakar, kolak, getuk.

§ Produk ubi jalar setengah jadi untuk bahan baku, misalnya chip (gaplek), aneka tepung dam pati (tapioka), gula fruktosa, alkohol (etanol).

§ Produk ubi jalar siap masak, misalnya makanan kaleng, makaanan beku, mie, bihun, serealia, krupuk.

§ Produk ubi jalar siap santap, misalnya nagasari, petolo, klepon, cenil, kue basah, kue kering, saos, kripik, dan lain-lain yang merupakan aneka jajanan.

  1. Kandungan Gizi Ubi Jalar

Ubi Jalar merupakan bahan pangan sumber karbohidrat dan kalori (energi) yang cukup tinggi. Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar juga mengandung zat-zat gizi lainnya dengan komposisi gizi yang cukup lengkap, yakni protein, lemak, vitamin dan mineral. Dengan demikian Ubi Jalar memenuhi standar gizi sebagai bahan pangan pokok selain beras dan jagung.

Kandungan Gizi Ubi Jalar per 100 gram sbb. :

No. Zat Gizi Ubi

Putih

Ubi

Merah

Ubi

Kuning

Daun
1. Kalori (kal) 123 123 123 7,00
2. Protein (gr) 1,8 1,8 1,1 0 ,80
3. Lemak (gr) 0,7 0,7 0,4 0,40
4. Karbohidrat gr) 27,9 27,9 32,30 10,40
5. Air (gr) 8,50 68,50 84,70
6. Serat Kasar 0,90 1,20 1,40
7. Kadar gula 0,40 0,40 0,30
8 Beta karoten 31,20 174,20

Sumber : Direktorat Gizi Depkes RI 1981, Suismono 1995

  1. Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar

Ubi Jalar merupakan komoditas tanaman pangan penghasil karbohidrat dan menduduki urutan keempat setelah padi, jagung dan ubi kayu. Sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar memiliki kedudukan yang penting untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan juga mempunyai peranan yang penting sebagai cadangan pangan manakala produksi padi tidak mencukupi.

Disamping itu dengan beragamnya kegunaan ubi jalar yang dapat diolah menjadi bermacam-macam jenis pangan dan kebutuhan industri maka peranannya menjadi strategis dalam pengembangan nasional. Dengan demikian ubi jalar merupakan komoditas pangan yang sangat potensial untuk dikembangkan dalan program penganekaraagaman konsumsi pangan.

Ubi Jalar juga mempunyai beberapa khasiat terhadap kesehataan manusia diantaranya adalah :

  1. Penyakit rabun ayam : Setengah kepal ubi jalar merah dicuci bersih dan diparut, setelah itu dicampur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu, lalu diperas dan disaring, kemudian diminum 3 x sehari sampai sembuh.
  2. Obat Anti mabuk dalam perjalanan. Ambil ubi jalar secukupnya , cuci bersih dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.
  3. Diabetes. Ubi Jalar sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Namun bukan berarti pengidap diabetes boleh makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat dengan ubi jalar.
  4. Demam Berdarah. Satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin disaring, air rebusan kemudian diminum kira-kira satu liter setiap hari.
  5. Keuntungan lain. Ubi jalar efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman beralkohol, serta narkotika tertentu, juga sangat baik bagi kesehatan
  6. pembuluh daraah vena dan arteri.
Updated: November 2, 2014 — 4:14 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Pertanian Wonocolo | Hanya Kami yang Memadukan Teknologi dan Budaya © 2014
Design By Dimas Pe Merdeka - Matrix Group